Wajib Tahu, KTP Tak Perlu Cetak Lagi

Wajib Tahu, KTP Tak Perlu Cetak Lagi

Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Disdukcapil Lebong, Tri Handayani, M. Si.-Foto Adrian Roseple/radarlebong-

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Meski baru tahap uji coba yang diberlakukan di internal Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lebong.

Namun, masyarakat Lebong wajib tahu, jika dokumen kependudukan KTP-el tak perlu lagi dicetak atau disimpan di dompet, cukup disimpan di handphone penduduk.

Hal ini dibenarkan oleh Plt. Kepala Dukcapil Lebong, Drs. Budi Setiawan melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Disdukcapil Lebong, Tri Handayani, M. Si.

"Benar,  saat ini kami sudah menerapkan KTP berbasis digital. Penerapan  yang kami lakukan ini atas dasar intruksi dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," katanya. 

BACA JUGA:Hati- Hati Ada LSM Pakai Nama dan Logo Mirip KPK

Diakuinya, kurang lebih ada sebanyak 50 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Honorer Lepas Terdaftar (THLT) yang berada di Dukcapil Lebong sudah menerapkan KTP digital. 

Artinya, KTP yang digunakan pihaknya tersebut tidak dalam bentuk fisik lagi nanti. 

"Penerapan KTP Digital masih dalam lingkup Disdukcapil saja, sedangkan untuk masyarakat masih menunggu kembali intruksi dari Dirjen Dukcapil," terangnya. 

Dijelaskannya, aplikasi KTP digital hampir mirip seperti aplikasi Peduli Lindungi. 

Dimana semua rekaman data data kependudukan, baik itu KTP, serta administrasi kependudukan lainnya akan ada dalam satu aplikasi dan cukup melalui handphone. Bahkan dirinya menilai KTP digital ini pun bisa digunakan hanya dengan mengakses aplikasinya, meskipun bentuk fisik KTP nantinya juga masih tetap ada.

"Tujuannya sendiri agar semua data terpusat. Semua data itu ada di dalam aplikasi dan dalam satu aplikasi. Ketika kita perlu, semuanya ada di situ," lanjutnya. 

Dia menambahkan bahwa dalam menerapkan aplikasi tersebut diakuinya tidak ada kendala maupun hambatan ketika mengaplikasikan aplikasi yang digunakan tersebut.

"Alhamdulillah selama kami menerapkan aplikasi KTP berbasis Digital ini berjalan lancar. Harapnnya di tahun ini Dirjen Dukcapil sudah mengeluarkan kebijakan untuk pengaplikasian KTP Digital ini kepada masyarakat sehingga kami Disdukcapil sudah bisa mensosialisasikan terkait hal ini kepada masyarakat lebong," pungkasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: