Berkah Festival Tabut Bagi UMKM

Berkah Festival Tabut Bagi UMKM

Senator Muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief-Foto Ist-Foto Ist

BENGKULU, radarlebong.disway.id - Setelah hampir 2 tahun lamanya, perayaan Festival Tabut ditiadakan akibat pandemi covid-19.

Lalu, sempat dijadwalkan pada tahun ini ditiadakannya bazar dan hanya dilaksanakan secara daring.

Hingga akhirnya, seiring keputusan Pemerintah Provinsi Bengkulu, Festival Tabut 2022 kembali digelar secara meriah yang akan dihelat pada  29 Juli 2022 hingga 9 Agustus 2022 mendatang.

Dalam Festival Tabut yang berpusat di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu tersebut, direncanakan akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada tanggal 3 hingga 4 Agustus 2022.

Festival Tabut inipun, terang saja menjadi berkah bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Bengkulu. 

Betapa tidak, diharapkan dengan festival tersebut bisa mendongkrak perekonomian bagi warga saat menikmati perayaan tersebut.

BACA JUGA:Senator Riri : Sikapi Perubahan Iklim dengan Aksi Nyata

Untuk itu, Senator Muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief berharap  agar Festival Tabut tahun ini berjalan lancar, kondusif dan memberikan kenyamanan kepada para pengunjung yang sengaja ingin melihat perayaan tahun baru Islam terbesar di Indonesia ini

"Alhamdulillah, semoga kemeriahan Tabut ini memberikan keberkahan untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) ," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik ,(19/7/2022)

Plt DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, sebagai salah satu destinasi wisata religi di Bumi Rafflesia, perlu kekompakkan agar Festival Tabut dapat dikenal bukan hanya se-Bengkulu, namun se-Indonesia hingga sedunia.

"Apalagi tabut ini saya dengar punya sejarah panjang yang kalau dikenang akan sampai kepada kemuliaan Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wasallam sebagai manusia yang paling dicintai Allah subhanahu wata'ala karena rasa sayangnya kepada seluruh umat," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini juga memberikan apresiasi atas komitmen pemerintah daerah untuk menyelenggarakan festival ini dengan standar yang baik, aman dan nyaman namun tetap mengamalkan Protokol Kesehatan (Prokes) agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

"Manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah, ini pesan penting lainnya dari tabut yang mengingatkan orang Bengkulu akan kematian, agar taat sama Allah, banyak berbuat baik kepada sesama, jangan serakah, jangan korup, jangan sombong. Ini tradisi yang positif," ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Data terhimpun, selain mengikuti Festival Tabut, Menteri Sandiaga Uno juga dijadwalkan melakukan visitasi ke desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong.

Selain bazar UMKM, keramaian Festival Tabut juga akan sangat terasa dalam beragam parade seni dan budaya oleh KKT Bencoolen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: