93 Ekor Hewan Ternak di BU, Terjangkit PMK

93 Ekor Hewan Ternak di BU, Terjangkit PMK

Ilustrasi -jpnn-

BENGKULU UTARA, radarlebong.disway.id- Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sepertinya mulai menjangkit hewan ternak peternak Bengkulu Utara. Yang mana, pihak Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Bengkulu Utara, mendeteksi sebanyak 93 ekor hewan ternak terjangkit virus PMK. Dimana, tercatat sebanyak 93 ekor sapi ternak telah terjangkit PMK yang tersebar di Kecamatan Putri Hijau 64 ekor, Marga Sakti Seblat 10 ekor, Ketahun 18 ekor dan Arma Jaya 1 ekor. Hal ini disampaikan Kepala DTPHP Bengkulu Utara, Kuasa Barus.

"Iya ada 93 ekor yang terdeteksi terjangkit virus hewan ini. Namun saat ini, sudah menyisakan 88 ekor yang masih hidup. Sedangkan 4 ekor sapi mati, dan 1 ekor telah dipotong bersyarat. Untuk yang sisa 88 ekor sapi terjangkit sudah kita obati. Saat ini semuanya sehat dan sedang dikarantina. Kandangnya dipisahkan dari ternak lain," ujarnya.

BACA JUGA:BU Tuan Rumah Ujian Negara Amatir Radio Sistem CAT

Barus menambahkan, sejauh ini petugas dari DTPHP BU dan dokter hewan telah melakukan pengecekan secara rutin hewan-hewan ternak di wilayah, sekitar lokasi sapi ternak yang terjangkit. Selain itu, sosialisasi kepada para peternak juga terus dilakukan. Yang mana yang paling utama, memberikan edukasi kepada para peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang, serta secara rutin menyemprot kandang dengan cairan desinfektan.

"Kita telah menggerakkan semua petugas, untuk melakukan vaksinasi. 1.000 dosis vaksin, sudah dituntaskan. Sosialisasi juga sudah kita lakukan ke para peternak, ini guna pencegahan agar tidak terus menyebar. Kami berharap, ada bantuan tambahan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu maupun Kementerian untuk penanganan PMK di Bengkulu Utara. Karena, kita sangat butuh bantuan obat-obatan, pendanaan, vaksin. Terakhir kita hanya dapat 1.000 dosis. Tentu sangat kurang, mengingat populasi hewan ternak kita mencapai 85 ribu ekor," demikian Barus. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: