Tekan Perilaku Konsumtif, Ini Saran Senator Riri

Tekan Perilaku Konsumtif, Ini Saran Senator Riri

Senator Muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief-Foto Ist-

BENGKULU, radarlebong.disway.id - Menurut penelitian, perilaku masyarakat semakin konsumtif alias boros. 

Hal tersebut seiring menjamurnya e-commerce, terutama di kalangan millenial yang gandrung dengan sistem belanja yang praktis.

Untuk itu, guna menekan perilaku konsumtif, Senator Muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief menyarankan agar masyarakat dapat memberlakukan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat yang harusnya tercermin dalam kehidupan sehari-hari berupa gemar menabung, tidak boros, atau hanya membeli barang-barang yang memang diperlukan.

"Nggak usah beli barang yang tidak perlu, berperilaku boros sampai-sampai harus terlilit hutang, bikin susah diri sendiri, apalagi sampai menyusahkan orang lain. Kendalikan nafsu. Bijaklah berteknologi, hindari hedonisme dan gaya hidup palsu. Syukuri yang ada yang Allah subhanahu wa ta'ala beri," kata Anggita DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief, dalam siaran persnya, Rabu (14/7/2022).

BACA JUGA:Dorong Regulasi Koperasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi

Wakil Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Bengkulu ini menekankan pentingnya peran keluarga dalam membentuk mental atau perilaku produktif sejak dini dengan sikap tegas para orang tua membatasi anak mereka agar tidak boros dan belajar menghargai kerja.

"Perilaku konsumtif ini kalau dibiarkan bahaya, saat anak tumbuh jadi pejabat sifat itu akan membawanya pada perilaku korupsi, saat terbiasa hidup mewah sifat itu akan membawanya pada perilaku boros. Jadi memang harus dimulai dari keluarga, sejak dini," terang Hj Riri Damayanti John Latief, Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu.

Wakil Ketua Bidang OPK BKMT Dewan Masjid Indonesia Provinsi Bengkulu ini berharap pemerintah dapat mendorong suburnya zakat, infaq dan sedekah di seluruh instansi dan lembaga agar Allah subhanahu wata'ala perbaiki pola konsumsi, produksi dan distribusi dalam komunitas masyarakat.

"Pemerintah punya tanggung jawab mendorong budaya produktif di tengah-tengah masyarakat, terciptanya banyak lapangan kerja dan menekan kemiskinan. Insya Allah lewat zakat, infaq dan sedekah akan banyak fakir miskin yang bisa punya penghasilan sendiri dan ikut serta memajukan bangsa," tutup Hj Riri Damayanti John Latief. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: