Perempuan Turut Berperan dalam Pembangunan Desa

Perempuan Turut Berperan dalam Pembangunan Desa

Camat Lebong Tengah Hj Gusmawati SH meminta peran perempuan di desa turut dilibatkan.-Foto Dok-Radar Lebong

radarlebong.disway.id - Masih rendahnya partisipasi perempuan dalam pembangunan di desa antara lain disebabkan adanya beberapa faktor.

Salah satunya adalah tidak diberikan ruang ataupun peluang akan keterlibatan perempuan itu disetiap wilayah desa.

Untuk itu, Camat, Hj. Gusmawati, SH meminta desa dapat meningkatkan partisipasi kaum perempuan dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan desa. 

"Sekarang diluar Kabupaten Lebong sudah banyak kaum  perempuan ikut berpartisipasi dalam pembangunan, untuk itu diharapkan desa yang ada di Kecamatan Lebong Tengah untuk dapat melibatkan kaum perempuan," pinta Camat. 

BACA JUGA:Yuk Salurkan Zakat Lewat Amil Zakat

Ditambahkannya, Ia juga berharap jangan sampai adanya diskriminasi terhadap kaum perempuan.

Karena itu akan mengakibatkan terjadinya kesenjangan pada tingkat partisipasi perempuan yang juga ingin terlibat dalam pembangunan di suatu desa. 

"Jangan sampai ada istilah perempuan tidak mampu dan tidak perlu berpartisipasi dalam pembangunan, sudah banyak contoh hasil pemikiran kaum perempuan yang membanggakan, dan  banyak kaum perempuannya, diinstansi pemerintah sampai mejadi kepala desa hingga camat seperti saya ini," ujarnya.

Dalam pembangunan desa, lanjutnya, kaum perempuan sebisa mungkin diikut sertakan dengan jumlah yang lebih besar, tingginya angka keterlibatan perempuan dalam program pembangunan desa, otomatis akan memberikan warna tersendiri.

Dimana perempuan dikenal lebih hati-hati, dengan begitu pembangunan akan lebih maksimal kedepenya, dan akan berjalan dengan baik. 

"Saya yakin jika diberikan peluang yang lebih besar, kaum perempuan di desa mampu untuk memberikan sumbangsih dalam keberhasilan pembangunan desa kerena wanita sipatnya lebih hati-hati dan teliti nantinya," tuturnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: peran perempuan