Wilayah Ini Langganan Banjir, BPBD Data Titik Bencana

Wilayah Ini Langganan Banjir, BPBD Data Titik Bencana

Tahun Ini Desa Nangai Amen akan dibentuk menjadi Desa Tangguh Bencana atau Destana-Foto Ist-Polsek Lebong Utara

radarlebong.disway.id - 5 unit rumah warga di Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara, tepatnya di gang Tanjung Harapan, terendam banjir akibat luapan Sungai Air Kotok. 

Wilayah tersebut mungkin tak asing lagi, karena menjadi salahsatu wilayah langganan terjadi banjir. 

Dimana, diketahui, guyuran hujan yang terjadi semalaman sejak Rabu (29/6) sore hingga kemarin (30/6) mengakibatkan wilayah tersebut terendam luapan air.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lebong, Hendra Surya, S.Sos, mengungkapkan berdasarkan data pihaknya terdapat 5 unit rumah warga yang terdampak banjir. 

Hal ini diakibatkan luapan Sungai Air Kotok setelah hujan yang terjadi sejak Rabu lalu. 

"Kita masih lakukan pendataan, data sementara kurang lebih ada 5 unit rumah warga yang terdampak banjir," kata Hendra Surya. 

 Dijelaskannya, Sungai Air Kotok mulai meluap berkisar pukul 13.26 WIB dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa atau setinggi 50 Cm. 

BACA JUGA:Polda Bengkulu Identifikasi CCTV Perampokan Alfamart di Lebong

Meski demikian, pihaknya memastikan jika bencana banjir ini tidak berdampak luas bagi warga lainnya. 

"Wilayah ini memang langganan banjir. Tapi musibah ini tidak berdampak luas kepada warga lainnya," terangnya. 

Saat ini pihaknya masih melakukan asessment untuk mendata titik-titik wilayah lainnnya yang berpotensi mengalami bencana, seperti di Kecamatan Lebong Utara, Kecamatan Topos, Kecamatan Bingin Kuning.

Kecamatan Lebong Sakti, Kecamatan Pelabai, Kecamatan Amen, Kecamatan Uram Jaya, Kecamatan Pinang Belapis, dan sekitarnya.

"8 Kecamatan ini perlu di waspadai adanya bencana banjir. Kemudian untuk wilayah yang berada di Kecamatan Rimbo Pengadang, Lebong Atas, Lebong selatan perlu di waspadai adanya bencana tanah longsor," lanjutnya. 

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati. Karena sesuai dengan prakiraan dari BMKG hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi selama beberapa hari kedepan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: