Petani Ini Alih Profesi Berkolam , Tapi Bibit Susah Didapat

Petani Ini Alih Profesi Berkolam , Tapi Bibit Susah Didapat

Ilustrasi Petani-Foto Dokumentasi-Radar Lebong

radarlebong.disway.id - Kabupaten Lebong merupakan salah satu wilayah yang memiliki areal persawahan yang cukup luas, yang mana mayoritas para petaninya usai  panen padi bisanya langsung mengolah lahan untuk budidaya ikan. 

Hanya saja, saat ini para petani sedikit mengeluh lantaran kesulitan untuk mencari bibit ikan. 

Seperti yang diungkapkan Rosil (29), salah satu warga desa Tanjung Bungai I mengaku sudah berkeliling diwilayah Kecamatan Lebong Tengah untuk mencari bibit atau benih ikan. 

Namun belum juga berhasil mendapatkan bibit seperti yang diinginkan. 

"Sekarang sangat sulit untuk mendapatkan bibit ikan. Padahal kolam sudah dibersihkan, tapi belum ada bibit ikan yang ingin dilepas," ungkap Rosil. 

BACA JUGA:Pustu Alihfungsi Jadi Kantor Lurah, Kondisinya Memprihatinkan

Sementara itu, dirinya mengeluhkan keberadaan Balai Benih Ikan (BBI) milik pemerintah daerah yang berada di desa Nangai Tayau Kecamatan Amen, yang sama sekali tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Yang mana menurutnya, kehadiran BBI tersebut seharusnya bisa menyediakan bibit untuk para petani ikan di Kabupaten Lebong. Apalagi, mayoritas para petani usai melakukan panen padi lebih memilih untuk berkolam ikan.  

"Ya, pastinya kita sangat menyayangkan BBI itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Harapan kita pemerintah daerah atupun dinas terkait bisa mengaktifkan BBI tersebut, sehingga kedepan bisa membantu menyediakan bibit untuk para petani ikan di Kabupaten Lebong," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: