Sosialisasi Tambang Rakyat, Ormas PAMAL Gandeng Indotan Grup

Sosialisasi Tambang Rakyat, Ormas PAMAL Gandeng Indotan Grup

Sosialisasi-Foto Ist-Radar Lebong

LEBONG, radarlebong.com -  Jum’at (17/6) lalu,  di Balai Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara berlangsung Sosialisasi Tambang Rakyat yang difasilitasi dari Organisasi Masyarakat (Ormas) Persatuan Masyarakat Lebong (PAMAL). Dalam Sosialisasi terseut, PAMAL mengandeng  Perusahaan Indotan Grup m.

Ketua Ormas PAMAL Lebong, Aswan Fauzi menjelaskan Sosialisasi ini merupakan hasil studi banding PT. Nusa Halmahera Mineral (HNM). Pada kegiatan ini, pihaknya (PAMAL, red) menjadi fasilitator dan bekerja sama dengan Indotan Group yang diketahui memiliki saham 75 persen pada PT. Tansri Madjid Energi (TME).

"Ormas PAMAL hanya sebagai fasilitator antara masyarakat penambang dan perusahaan. Kami bukan bagian dari perusahaan tapi kami mendapatkan tugas dari H. Robert Nitiyudo Wachjo untuk mensosialisasikan hasil study banding PT. Nusa Halmahera Mineral (NHM) beberapa waktu lalu," ujar Fauzi. 

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap agar dapat memberi edukasi dan pemahaman baru kepada masyarakat khususnya penambang rakyat yang ada di Lebong. Dirinya sangat berterima kasih kepada pihak perusahaan yang telah memberikan kepercayaan kepada Ormas PAMAL sebagai fasilitator untuk menyambangi masyarakat penambang.

"Kita berharap Sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan berkelanjutan serta kita sangat berterima kasih kepada pihak perusahaan yang telah buka peluang ini khususnya untuk penambang rakyat dan nantinya bisa bekerjasama dengan pihak perusahaan PT. TME seperti diterang disosialiasi tadi," harapnya. 

Dirinya juga mengajak semua masyarakat yang melakukan penambangan tradisional untuk melakukan perubahan seperti yang dijelaskan dalam kegiatan tersebut. Hal ini tidak lain adalah untuk memudahkan masyarakat khususnya penambang tradisional untuk bisa bekerjasama dengan pihak perusahaan yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP).

"Kita mengajak semua masyarakat penambang Lebong dapat bekerjasama dengan pihak perusahaan dan membentuk kelompok serta Koperasi. Semoga ini menjadi awal dari kebangkitan penambang rakyat Lebong," lanjutnya. 

Fauzi menambahkan, bagi masyarakat yang belum memahami materi Sosialisasi atau maksud dan tujuan Sosialisasi dapat berdiskusi tanya jawab di kantor Ormas PAMAL bertempat di belakang Pasar Terminal desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara.

"Bagi masyarakat yang belum paham kita persilakan masyarakat penambang datang ke Sekretariat Ormas PAMAL dibelakang Terminal," pungkasnya. 

Turut hadir dalam kegiatan Sosialisasi tersebut, perwakilan dari Disperindagkop dan UKM Lebong, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebong, Indra Gunawan dan Kabid Perencanaan dan Penataan Lingkungan Hidup (PPLH) Rizal dan terlihat pula mantan Bupati Lebong pertama, Dalhadi Umar, Kapolsek Lebong Utara, Ipda M. Subkhan, tokoh-tokoh masyarakat dan para penambang rakyat (tradisional). (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sosialisasi