RSUD Terima 1 Mobil Ambulance

RSUD Terima 1 Mobil Ambulance

LEBONG SAKTI, RaLeb.id - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong, dalam bidang pemanfaatan mobil ambulance bagi pasien. Pada tahun 2021, telah bertambah 1 mobil ambulance bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Jadi total ambulance kita saat ini ada 7 unit mobil," kata Plt Direktur RSUD Lebong, Rachman, SKM, MSi.

Dilanjutkannya, bahwa ambulance yang baru datang tersebut, saat ini di khususkan untuk mobilitas pasien dalam daerah saja. Sementara untuk pasien rujukan, menggunakan mobil Ambulance yang lama.

"Agar tidak cepat rusak ketika di bawa ke luar daerah, untuk itu kita maksimalkan di wilayah Lebong saja," bebernya

Sementara itu, dirinya memastikan, bahwa pasien yang melakukan rujukan menggunakan mobil ambulance, mesti terlebih dahulu mendaftar ke Sistem Rujukan Terintegrasi (Sisrut) dan baru kemudian dapat menggunakan Ambulance ke rumah sakit tujuan rujukan.

"Kalau soal biaya, bagi pasien BPJS itu tidak ada di pungut biaya alias gratis. Namun bagi pasien umum, tentu di kenakan tarif berdasarkan jarak tempuh. Soal nominal, itu bukan kewenangan saja dalam menjawab," tandasnya

Yang pasti, tegasnya, pihaknya akan melayani semaksimal mungkin jika pasien memenuhi administrasi yang di perlukan. Sebab, sistem elektronik dalam bidang pelayanan kesehatan, memang harus di ikuti, akan berbahaya nantinya jika pelayanan kesehatan tidak melalui prosedur yang telah di tentukan.

"Seperti contohnya pasien rujuk, jika pasien terburu-buru berangkat secara mandiri tanpa melalui Sisrut, maka sudah dapat kita pastikan rumah sakit tujuan tidak dapat melayani pasien itu. Itulah yang kita maksud sistem elektronik yang telah terintegrasi itu," pungkasnya (pry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: