Hujan Lebat dan Angin Kencang Masih Mengancam

Hujan Lebat dan Angin Kencang Masih Mengancam

LEBONG - Hujan lebat dan angin kencang masih akan mengancam masyarakat di Lebong khususnya. Hal ini, menyusul Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menyebut pada Desember 2021 ini wilayah Provinsi Bengkulu berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

"Iya, informasi dari BMKG Bengkulu yang menyebut 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu berpotensi akan terjadinya hujan lebat dan angin kencang pada Desember tersebut sudah kita terima. Untuk itulah, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bberhati-hati ketika melakukan aktivitas dan tetap tingkatkan kewaspadaan," ungkap Rozi sapaan akrabnya. Peduli Warga, Wabup Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam

Menurutnya, cuaca ekstrim seperti hujan yang disertai angin kencang seperti saat ini sudah terjadi, tentu perlu bagi masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan. Terutama masyarakat yang tinggal berada diwilayah rawan terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta yang tinggal berada dipemukiman tinggi. Apalagi, pada Selasa (30/11) lalu, angin kencang sudah merusak beberapa rumah warga di Kabupaten Lebong akibat tertimpa pohon tumbang.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, agar tetap meningkatkan kewaspadaan. Bila perlu tidak melakukan aktivitas ketika terjadi cuaca buruk seperti hujan lebat dan angin kencang," imbuhnya.

Rozi menambahkan, untuk data rumah warga yang terdampak bencana angin kencang dan tertimpa pohon tumbang, pihaknya masih menunggu laporan dari pemerintah kecamatan yang saat ini masih melakukan pendataan atas kerugian yang dialami warga.

"Untuk data warga yang terdapak bencana angin kencang dan tertimpa pohon tumbang, kami masih menunggu data kecamatan. Informasi terakhir mereka masih melakukan pendataan atas kerugian yang dialami warga," tutup Rozi.

Diketahui, selain area Kecamatan Rimbo Pengadang, juga terdapat wilayah rawan bencana alam seprti longsor dan banjir yakni Kecamatan Pinang Belapis, Uram Jaya, Lebong Utara, Pelabai, Amen, Lebong Sakti, Lebong Atas, Lebong Tengah, Bingin Kuning, Lebong Selatan, Topos, Rimbo Pengadang. Kemudian peta resiko bencana cuaca ekstrim meliputi Kecamatan Pinang Belapis, Uram Jaya, Lebong Utara, Amen, Pelabai, Lebong Sakti, Lebong Atas, Lebong Tengah Bingin Kuning, Lebong Selatan, Rimbo Pengadang, Topos. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: