Hasil Pilkades Serentak Didominasi Wajah Baru

Hasil Pilkades Serentak Didominasi Wajah Baru

LEBONG - Penghitungan perolehan suara Pilkades serentak gelombang 3 di 15 desa dalam Kabupaten Lebong telah selesai dilaksanakan. Hasil Pilkades serentak didominasi wajah baru sebagai peraih suara terbanyak, sementara di 2 desa lainnya masih diungguli oleh mantan Kepala Desa (Kades) sebelumnya. Plt. Kepala Dinas PMDSos Lebong, Hartoni, SP, M.Si, melalui Kabid PMD Lebong, Herru Dana Putara, SP, M.Ak, mengaku jika saat ini rekapitulasi perolehan suara tingkat desa sudah diterima oleh pihaknya. Adapun 2 desa yang bakal kembali dipimpin oleh mantan Kades sebelumnya yakni Desa Ketenong I Kecamatan Pinang Belapis atas nama Zulkarnain nomor urut 2 memperoleh 272 suara dan Desa Suka Marga Kecamatan Amen atas nama Rodi Aman nomor urut 1 dengan memperoleh 329 suara atau unggul 7 suara dari Cakades Khairil Anwar yang memperoleh 322 suara. "Kemudian, dari 3 ASN yang ikut menjadi Cakades hanya 1 yang terpilih yakni atas nama Rison Pansori Cakades Semelako II dengan memperoleh 366 suara," ungkapnya.

Dowload: Hasil Pilkades Serentak Didominasi Wajah Baru

Dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 10.710 jiwa, jumlah pemilih yang menggunakan hak suara sebanyak 9.680 pemilih dan 526 pemilih lainnya tidak memberikan hak pilih.

"Berdasarkan rekapitulasi perolehan suara sebanyak 409 suara dinyatakan batal atau tidak sah," terangnya. Sesuai tahapan, panitia Pilkades tingkat desa akan melaporkan hasil Pilkades ini ke BPD kemudian BPD melaporkan kepada Bupati melalui Camat pada 16 Desember mendatang. "Untuk penetapan cakades terpilih akan dilaksanakan pada 20 Desember dan pada 22 Desember akan dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan," singkatnya. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: