Dukcapil Lebong Sukses Boyong Desa Nangai Tayau

Dukcapil Lebong Sukses Boyong Desa Nangai Tayau

// Juara Pertama Lomba Tertib Adminduk

LEBONG - Setelah menetapkan Desa Nangai Tayau sebagai salahsatu desa pilot project dalam lomba tertib administrasi kependudukan (Adminduk) mewakili kabupaten ke tingkat provinsi.

Hingga akhirnya, Dukcapil Lebong sukses memboyong Desa Nangai Tayau sebagai juara pertama tingkat provinsi menyingkirkan desa dari kabupaten lainnya.

Dan, bertepatan dengan peringatan HUT ke-53 Tahun Provinsi Bengkulu, kemarin (18/11), Pemdes Nangai Tayau didampingi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lebong menerima piagam penghargaan. Selain piagam penghargaan, Pemdes juga menerima uang pembinaan sebesar Rp 15 juta sebagai desa pemenang pilot project terbaik tertib adminduk.

Kepala Dinas Dukcapil Lebong, Elva Mardiana, SIP, M.S, melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Tri Handayani, M.Si, mengatakan bahwa Pemdes Nangai Tayau yang ditetapkan sebagai desa terbaik karena sudah memenuhi kriteria. Seperti perekaman adminduk yang sudah mencapai angka 100 persen.

"Alhamdulillah, setelah melalui berbagai tahapan lomba pilot projeck tertib adminduk, " ujar Tri Handayani.

Lanjutnya, atas piagam penghargaan dan uang tunai yang diberikan pada momentum perayaan HUT ke-53 Tahun Provinsi Bengkulu .

"Kami berharap, kedepan desa dan kelurahan lain yang ada dalam wilayah Kabupaten Lebong bisa lebih tertib adminduk , " sampainya.

Ditambahkannya, dasar lomba pilot project desa/kelurahan tertib adminduk adalah Surat Gubernur Bengkulu nomor 21 tahun 2021 dan ditindaklanjuti dengan SK Bupati Lebong nomor 108 2021.

"Kriteria pembinaan dan penilaian meliputi administrasi kependudukan secara umum, publikasi kependudukan, tata kelola arsip/pendokumentasian, sarana dan prasarana, pencapaian target kepemilikan dokumen warga dan Inovasi kependudukan desa/kelurahan, " tandasnya. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: