Dorong Pengrajin Perak, Pemprov Gelar Pelatihan

Dorong Pengrajin Perak, Pemprov Gelar Pelatihan

LEBONG UTARA - Demi mendorong masyarakat Kabupaten Lebong khususnya yang menghobikan pengelolaan logam berjenis perak agar mendapatkan perkembangan industri perak menjadi lebih baik.

Dinas Peridustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu menggelar pelatihan kepada sebanyak 20 orang masyarakat Lebong yang berkeingingan menjadi pengrajin perak. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan bertempat di kantor Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 27-31 Oktober 2021 mendatang. Untuk pelatih bimbingan pengelolaan perak ini di anggotakan oleh 2 inspektur dan sekretaris dari Lembaga Wirausaha Industri kecil dan menengah pengrajin perak Provinsi Bengkulu," ungkap Instruktur Pelatihan Pekerja Perak Provinsi Bengkulu, Sopian dibincangi Radar Lebong pada Jum'at (29/10).

Lanjutnya, untuk 20 orang peserta tersebut memang direncanakan dan ditunjuk dari awal oleh pihaknnya. Bahkan, target dalam pelatihan ini agar para pengrajin yang ada di Kabupaten Lebong bisa mendapatkan pelatihan sampai ke Provinsi hingga ke daerah luar.

"Targetnya membina mereka untuk berkeinginan menjadi pengrajin perak. Untuk pelatihan nantinya bisa kita lakukan secara berjenjang seperti ke Yogyakarta dan Bali," ujarnya.

Sementra itu, adapun untuk produk yang akan dihasilkan terhadap pelatihan ini adalah objek tempat pena yang berasal dari perak. Dan untuk realisasi objek tersebut sementara ini baru mencapai 50 persen.

"Hasilnya lagi proses, sementara baru sekitar 50 persen. Untuk itulah, ketika hasil dari pelatihan ini sudah jadi akan kita serahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) dan Provinsi Bengkulu," tuturnya. (dap)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: