Capaian Vaksinasi di Lebong Melorot ke Posisi 9

Capaian Vaksinasi di Lebong Melorot ke Posisi 9

,//Minat Warga Ikuti Vaksinasi Rendah

LEBONG - Capaian vaksinasi Covid-19 dalam Kabupaten Lebong yang sebelumnya berada pada posisi 6 se-Provinsi Bengkulu, ternyata saat ini melorot ke posisi 9 dari 10 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Saat ini capaian vaksinasi di Lebong baru mencapai angka 46,47 persen dari target 70 persen.

"Sebelumnya kita berada di posisi ke-6 capaian tertinggi vaksinasi dalam Provinsi Bengkulu. Namun, sekarang kita (Lebong, red) berada di posisi ke-9 se-Provinsi Bengkulu," ungkap Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si.

Rendahnya capaian vaksinasi Covid-19 dalam Kabupaten Lebong ini, menurut Rachman, disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Padahal, jumlah dosis vaksin Covid-19 yang ada pada pihaknya cukup melimpah.

"Manfaat dari vaksinasi ini untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity," jelasnya.

Ditambahkannya, ketersediaan vaksin Covid-19 di Kabupaten Lebong terbilang cukup melimpah yakni mencapai sebanyak 25.582 dosis. Jumlah ini hanya yang berada pada Dinkes Lebong dan tidak termasuk dosis yang ada di Puskesmas dan RSUD.

25.582 dosis vaksin Covid-19 yang diterima pihaknya dari Pemprov Bengkulu diantaranya adalah 10.530 dosis vaksin Pfizer, 28 dosis vaksin Moderna, 3.924 dosis vaksin Sinovac 2 dosis, 2.500 dosis vaksin AstraZeneca, serta 8.600 dosis vaksin Sinovac 10 dosis.

"Kami sangat berharap adanya peran serta dari seluruh kalangan masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19, sehingga kita (Lebong, red) bisa mencapai target 70 persen sesuai ketetapan dari pemerintah," demikian Rachman. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: