Yamaha Crypton Fi Masih Eksis dengan Teknologi Canggih
Motor Yamaha Crypton Fi-tangkapan layar -
Bahan bakar disuplai melalui pengatomisasi injeksi, membuat konsumsi BBM dijanjikan kian efisien dibanding jenis karburator.
Tangki bensin berkapasitas 4 liter, cukup buat pemakaian harian tanpa sering-sering isi ulang. Ia juga dilengkapi electric starter maupun kick starter.
Bebek ini menggunakan transmisi konstan empat (4) percepatan tipe kopling basah. Pengoperasiannya diklaim halus, ditopang sistem reduksi primer gigi dengan rasio 2.900 serta sekunder 2.929.
Kombinasi ini bikin perpindahan gigi terasa responsif, tanpa kehilangan tenaga di setiap langkahnya.
Yamaha Crypton Fi memakai struktur rangka bawah (underbone) dipadukan dengan geometri rake 26°20′ dan trail 73 mm.
Setup ini membuat motor tetap stabil sekaligus lincah saat bermanuver di jalan sempit.
Suspensi depan mengandalkan garpu teleskopik, sementara bagian belakang menggunakan model lengan ayun plus sokongan dua shock breaker.
Untuk sistem pengereman, bagian depan sudah dibekali rem cakram, sedangkan belakang masih menggunakan tromol. Kombinasi ini cukup bagi kebutuhan harian.
Ban depan memakai ukuran 70/90–17 inci, sementara ban belakang 80/90–17 inci.
Di Kolombia, Yamaha hanya menawarkan pilihan pelek cast wheel lima palang. Sebagai motor bebek entry-level, fiturnya memang sederhana.
Lampu utama Yamaha Crypton Fi masih menggunakan bohlam pijar, belum LED.
Sementara sistem kelistrikan mengandalkan baterai 12V 3.0Ah, dengan tipe YTZ4V/GTZ4V yang mudah ditemukan di pasaran.
Secara keseluruhan, motor bebek 114 cc ini menawarkan kombinasi menarik. Ringan, hemat, praktis, serta punya mesin lumayan bertenaga cukup untuk komuter sehari-hari.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber:
