RADARLEBONG.ID- V-Belt perlu mendapat perawatan secara rutin karena memiliki fungsi penting di sepeda motor matic.
Komponen ini bekerja menghubungkan mesin dan roda belakang sehingga roda bisa berputar sesuai putaran mesin.
V-Belt sebenarnya telah memiliki masa pakai yang telah ditentukan oleh pabrikan.
Namun mengingat karakter pengendara dan beban kerja sepeda motor matic yang berbeda, masa pakai tersebut tak bisa jadi patokan.
BACA JUGA:Hadir dengan 2 Tipe, Motor Listrik Smoot Cocok Buat Ojol
Semakin agresif gaya berkendara dan semakin berat kerja motor, maka semakin cepat penurunan daya tahannya.
Ridwan Suwandie, Technical Service Dept. Head PT Daya Adicipta Wisesa (DAW), Main Diler Sepeda Motor Honda di Sulut Gorontalo Malut bilang, perawatan yang baik dapat menjadi investasi jangka panjang untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.
"Karena itu, lakukanlah pemeriksaan dan perawatan berkala di AHASS terdekat dengan menggunakan layanan kunjung AHASS atau booking servis untuk layanan bebas antri," ujar Ridwan,
Risiko yang terjadi ketika V-Belt rusak atau putus akan berdampak pada kendaraan tidak dapat bergerak maju dikarenakan tidak adanya penyalur tenaga dari roda belakang sehingga harus didorong.
Beberapa ciri-ciri V-Belt yang sudah perlu diganti yaitu tarikan motor berat, kasar dan mulai ngempos, V-Belt mengalami keretakan dan aus, bunyi berisik pada CVT dan jarak tempuh yang sudah melebihi batas.
Setidaknya ada tiga tips perawatan V-Belt yang bisa dilakukan oleh pemilik sepeda motor matic.
Berikut tips perawatan V-Belt agar lebih awet yang dilansir dari laman astra-honda.com :
1. Pengecekan Secara Berkala
Berdasarkan Buku Panduan Pemilik Sepeda Motor, pengecekan berkala V-Belt biasanya dilakukan pada penggunaan 8.000 km.
Sementara usia pakainya bisa mencapai 24.000 km, setelah itu harus dilakukan penggantian.
Namun hal tersebut bergantung pada gaya berkendara dari setiap pengendara dan penggunaan sepeda motor matic-nya.
Tak cuma itu, kondisi ruang CVT yang kotor pun juga dapat memengaruhi ketahanan dan umur V-Belt.
2. Penggunaan Tuas Gas
Sebisa mungkin hindari memainkan tuas gas saat posisi sepeda motor matic sedang langsam atau idle.