5 Tips Jaga Kesehatan Kulit saat Cuaca Panas, Pria & Wanita Wajib Tahu

Kamis 19-09-2024,14:18 WIB
Reporter : Miya Diosi
Editor : Miya Diosi

RADARLEBONG.ID- Iklim di Indonesia cenderung menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi kulit baik bagi perempuan maupun pria.

Dokter Spesialis Kulit, dr. Azmi Fadhlih, SpDVE mengatakan aktivitas sehari-hari yang dilakukan, mulai dari pagi hingga sore, membuat kulit sering terkena paparan sinar matahari.

Sehingga dapat mempercepat proses penuaan dini pada kulit, menimbulkan sunburn, bahkan meningkatkan risiko penyakit kanker kulit.

"Tak hanya perempuan, pria juga perlu memperhatikan kesehatan kulitnya agar terhindar dari berbagai masalah kulit," kata dr Azmi.

BACA JUGA:Cara Perawatan Kulit Wajah Yang Benar Selama Musim Hujan

Sementara itu, Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli mengungkapkan kesadaran masyarakat, baik perempuan maupun pria, akan pentingnya merawat kulit dan wajah semakin meningkat.

Hal itu bisa dilihat dari data internal yang mencatat subkategori produk perawatan wajah menjadi salah satu subkategori yang paling laris di Tokopedia selama kuartal I 2024.

“Bahkan subkategori produk Perawatan Pria di Tokopedia mengalami kenaikan hampir 2 kali lipat selama kuartal I 2024 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023,” tambah Stefanie. Menurut dr. Azmi, ada beberapa indikator yang menunjukkan kulit yang sehat dan ideal.

“Kulit sehat terlihat dari tekstur serta warna kulit yang rata, terasa kenyal dan terhidrasi atau terjaga kelembapannya. Selain itu, kulit sehat juga tidak disertakan sensasi gatal atau perih karena iritasi,” ungkapnya.

Tokopedia melalui Stefanie dan dr. Azmi Fadhlih, Sp.DVE membagikan lima tips penting dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk bagi pria, demi menjaga paparan sinar matahari.

1. Terapkan basic skincare, mulai dari mencuci muka dua kali sehari

Basic skincare menjadi kunci dalam menjaga kesehatan kulit.

“Mulailah dengan mencuci muka dua kali sehari menggunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

Setelah itu, aplikasikan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit dan sunscreen sebagai lapisan terakhir saat beraktivitas untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari,” papar dr Azmi bersama Tokopedia.

Masyarakat kini cenderung lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan kulit dengan mencuci wajah.

Kategori :