Tanda Nyeri Haid Berisiko Tumor Rahim, Perempuan Harus Tahu!

Rabu 18-09-2024,13:42 WIB
Reporter : Miya Diosi
Editor : Miya Diosi

Tanda ini juga kata dr. Boy sebaiknya tidak diabaikan, karena normalnya jumlah darah haid berkisar antara 3 hingga 5 pembalut per hari.

Jika terlalu sedikit, maka bisa dianggap sebagai flek semata dan itu perlu diwaspadai.

"Kalau lebih dari 5 pembalut, apalagi bergumpal-gumpal. Ini kaitannya dengan darah haid, jadi kita harus curiga ini ada sesuatu yang menyebabkan haid berlebihan," paparnya.

"Kalau bergumpal-gumpal, ya tadi warnanya lebih gelap, lebih hitam, kemudian ada kayak puding atau agar-agar, itu curiga ada miom yang bisa menyebabkan jumlah darah haid berlebihan," sambung dr. Boy.

COO Mitra Keluarga, dr. Nurvantina Pandina yang baru saja meluncurkan layanan Little Stars Pediatric Clinic, Advanced Digestive Care hingga Women’s Health and Wellness Clinic mengingatkan penting lakukan deteksi dini untuk mencegah sakit parah, khususnya untuk perempuan yang perannya sangat vital dalam keluarga.

"Jadi masyarakat atau keluarga yang mengalami keluhan, itu bisa secepatnya datang untuk berkonsultasi sehingga bisa dilakukan deteksi dini dan segera ditangani, sebelum dalam kondisi berat, itulah kenapa medical check up penting. Kami anggap ibu itu adalah tulang punggung keluarga, semua urusan di rumah kalau ibu sakit macet," ungkap dr. Nurvantina.

Sehingga dari sederet tanda haid berbahaya inilah yang menurut dr. Boy, para perempuan tidak mengabaikannya dan untuk segera melakukan pemeriksaan seawal mungkin.

Ia juga menambahkan ada baiknya, memeriksakan kondisi tersebut dalam layanan satu atap agar dapat pemeriksaan lengkap dari berbagai dokter spesialis.

"Jadi kita bertiga, dokter bedah, dokter kandungan, dan penyakit dalam ini selalu berkomunikasi untuk menegakkan diagnosa dan untuk melanjutkan pengelolaan terbaiknya," pungkas dr. Boy.

Kategori :