Tak Serahkan Perbaikan Verifikasi Administrasi, Satu Partai di Lebong Batal Melenggang Pemilu 2024

Jumat 25-11-2022,14:55 WIB
Reporter : Amri Rakhmatullah
Editor : Redaksi Radar Lebong

LEBONG, RADARLEBONG.ID  - Berdasarkan verifikasi administrasi (Vermin) terhadap berkas persyaratan perbaikan partai politik (Parpol) calon peserta pemilu 2024. 

Hasilnya, dari 6 Parpol yang diharuskan melakukan perbaikan. Satu partai ini yakni Partai Gelora gugur untuk melangkah ke tahapan pemilu selanjutnya.

Itu karena, partai baru tersebut tidak mengajukan berkas perbaikan. Sementara, 5 parpol baru lainnya yakni Partai Ummat, PSI, PKN, Partai Garuda dan Partai Buruh  sudah melakukan perbaikan melalui Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), 

BACA JUGA:Ratusan Sampel Verfak Anggota Parpol, Terancam TMS

"Jadi sebelumnya kawan-kawan Parpol sudah menyampaikan berkas usulan perbaikan. Kemudian oleh KPU RI sudah diturunkan ke KPU kabupaten/kota. Dimana, hanya 1 Parpol tidak melakukan perbaikan sehingga yang kita terima adalah 5 Parpol," kata Ketua KPU Lebong Salahuddin Al Khidhr, SE. 

Pihaknya pun lanjut Khidr, sudah melaksanakan sosialisasi dalam rangka vermin dan persiapan verifikasi faktual (verfak). 

"Kami minta agar setiap parpol untul all out karena ini tahap terakhir yang hasilnya akan disampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Bengkulu," terangnya.

KPU Lebong sendiri menjadwalkan akan mulai melaksanakan verfak perbaikan terhadap kepengurusan dan keanggotaan 5 Parpol mulai hari ini (25/11). 

BACA JUGA:Verifikasi Faktual 9 Parpol, Ini Jumlah Keangggotaannya

Sama dengan verfak sebelumnya, tim verifikator KPU Lebong akan kembali turun kelapangan menemui anggota masing-masing Parpol yang sudah ditentukan KPU RI melalui SIPOL.

"Kami akan turun kelapangan dan  Parpol bisa all out. Apalagi  jika tidak memenuhi syarat tentu akan berpengaruh secara global," tukasnya.

Kategori :