Pemkab Terima Bantuan Bibit Vetiver Penahan Longsor

Kamis 04-11-2021,13:18 WIB
Editor : Radar Lebong

LEBONG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong, menerima 2.500 batang bibit vetiver dan 72 batang bibit Bambu penahan tanah longsong dari BPBD Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas BPBD Lebong, Fakhrurrozi, S.Sos, M.Si, melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Hendra, S.Sos, mengatakan bantuan berupa bibit vetiver dan bambu penahan tanah longsor tersebut merupakan usulan pada Agustus 2021 lalu ke Pemprov Bengkulu.

[caption id="attachment_7098" align="alignnone" width="150"] Bibit Bantuan bibit vetiver penahan tanah longsor BPBD Bengkulu.[/caption] Hendra menunturkan, rencananya tiga kecamatan rawan terjadinya longsor yakni Kecamatan Rimbo Pengadang, Lebong Selatan dan Pinang Belapis akan menerima bantuan bibit.

"Karena jumlahnya terbatas, jadi bantuan ini  hanya ketiga Kecamatan saja. Tanaman vetiver bertujuan sebagai penahan tanah longsor, akar serabut vertiver juga bisa  sebagai bahan untuk membuat kerajianan tangan," terangnya.

Dan, tambahnya, masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan terlebih dalam kondisi tingginya curah hujan yang terjadi.

"Kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap waspada terhadap potensi terjadinya bencana alam di sekitar lingkungan masing-masing. Apalagi, hampir seluruh wilayah Kabupaten Lebong ini masuk kategori rawan bencana alam," singkatnya. (wlk)

Tags :
Kategori :

Terkait