KemenPAN-RB Minta Pemda Data Pegawai Non ASN

KemenPAN-RB Minta Pemda Data Pegawai Non ASN

Tenaga Kerja Harian Lepas Terdaftar THLT Pemkab Lebong--

RADARLEBONG.DISWAY.ID - Informasi penting bagi seluruh instansi pemerintah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Pelaksana tugas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Mahfud MD telah menandatangani SE MenPAN-RB Nomor B/ISII IM SM.01.OO/2022 tertanggal 22 Juli  mengenai pendataan pegawai non-ASN. 

Pendataan bertujuan guna mewujudkan kejelasan status, karier, dan kesejahteraan honorer bersangkutan.

Hal itu juga sesuai PP Nomor 49 Tahun 2018. Dimana, sesuai PP berbunyi setiap instansi pemerintah harus melakukan penataan pegawai non-ASN di lingkungan instansi masing-masing.

SE itu juga sebagai tindaklanjut SE MenPAN-RB Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 tertanggal 31 Mei 2022 tentang status kepegawaian di lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah.  

"Honorer yang telah bekerja di lingkungan instansi pemerintah sesuai dengan PP Manajemen PPPK, Pasal 99 Ayat (2) menyebutkan bahwa pegawai non-PNS dalam jangka waktu paling lama lima tahun bisa diangkat menjadi PPPK apabila memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam PP ini," kata Mahfud MD, dilansir JPNN.com, Sabtu (30/7). 

BACA JUGA:Catat, 19 Agustus Batas Terakhir Pengajuan DD Tahap II

Untuk pemetaan honorer ini,  Mahfud MD meminta para PPK melakukan langkah-langkah sebagai berikut:  1. Melakukan inventarisasi data pegawai non-ASN atau honorer sesuai dengan ketentuan dan menyampaikan data dimaksud ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) paling lambat 30 September 2022.

2. Penyampaian data honorer harus disertai dengan surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) yang ditandatangani PPK. 

3. Perekaman data honorer harus menggunakan aplikasi yang telah disiapkan BKN. 4. Bagi PPK yang tidak menyampaikan data pegawai non-ASN sebagaimana tersebut pada huruf a, b dan c dianggap dan dinyatakan tidak memiliki honorer.

5. Selanjutnya untuk kelancaran pemetaan data honorer agar para PPK berkoordinasi dengan BKN dalam pelaksanaannya. Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen yang dihubungi JPNN.com membenarkan soal SE pendataan honorer tersebut. Saat ini BKN masih menyiapkan sistem pendataan pegawai non-ASN yang berlaku, baik untuk honorer K2, non-K2 pegawai tidak tetap (PTT) maupun istilah lainnya.

 "Pendataan honorer ini merupakan amanat MenPAN-RB, berlaku untuk seluruh honorer tanpa terkecuali. Ini akan menjadi database baru honorer," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: