Dinkes Catat Ada 9 Kasus HIV/AIDS Aktif

Dinkes Catat Ada 9 Kasus HIV/AIDS Aktif

LEBONG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong mencatat ada sebanyak 9 orang penderita HIV/AIDS dalam Kabupaten Lebong. Kasus ini merupakan kasus sejak tahun 2016 hingga 2021 yang masih aktif.

"9 kasus ini diantaranya di alami oleh 6 warga berjenis kelamin laki-laki dan 3 lainnya perempuan," kata Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM.

Disebutkannya, 8 kasus HIV/AIDS ini merupakan kasus lama sedangkan 1 kasus merupakan kasus yang terdata pada Maret 2020 lalu. Namun, pihaknya enggan menyebut secara detail warga yang mengidap penyakit ini.

"Detail identitas warga yang mengidap penyakit ini tidak bisa kami sampaikan, karena data-data mereka ini mesti di rahasiakan," terangnya.

Penularan penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pola hidup yang tidak sehat dan tidak setia pada pasangan masing-masing. Penyakit HIV/AIDS ini bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara baik.

Pihaknya mengimbau warga yang terkena penyakit ini dapat melakukan pemeriksaan secara rutin. Dan bagi kelompok yang berisiko tinggi tertular penyakit ini dapat melakukan pengecekan HIV pada petugas kesehatan.

"Penting bagi seluruh kalangan masyarakat untuk menghindari berbagai kemungkinan yang bisa menyebabkan tertular penyakit ini, salah satunya dengan tetap setia pada pasangan masing-masing," pungkasnya. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: